Home » » Resep kue Balapis minahasa

Resep kue Balapis minahasa

Written By Tole ne Toudano on Senin, 27 Desember 2010 | 17.42

Memang ba lem lem di tangan, mar suka mo makang ulang...

Legit dan empuk ini resepnya


BALAPIS MANADO
by Ena - NCC

Bahan:
1000 ml santan yang agak encer alias ga encer2 banget
250 gr tepung beras
50 gr tepung tapioka
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
100 ml air suji (didapat dari 20 helai daun suji dan 10 helai daunpandan)
2 helai daun pandan

Cara:
1. Rebus santan, daun pandan dan garam hingga mendidih.
Biarkan sampe hangat kuku, buang daun pandannya. Bagi 2 santan.
Satu ukuran 550 ml. Satu lagi ukuran 450 ml lalu ditambahkan air suji.
2. Bagi dua campuran gula dan tepung.
3. Tuang santan putih ke 1 bagian campuran tepung dan gula sambil diaduk rata dan licin.
4. Tuang santan hijau ke 1 bagian lain campuran tepung dan gula sambil diaduk rata dan licin.
5. Siapkan kukusan/dandang/langseng. Panaskan hingga uap penuh.
6. Siapkan loyang ukuran 20 cm yang dioles minyak goreng dan dialas plastik. Masukin ke kukusan.
7. ambil 2 sendok sayur adonan putih. tuang ke loyang. tutup kukusan, masak +/- 5 menit.
8. tambahkan 2 sedonk sayur adonan hijau. tuang ke atas lapisan putih, masak lagi +/- 5 menit.
9. lakukan poin 7 dan 8 bergantian hingga adonan habis. terakhir kukus selama 15 menit.
angkat dan dinginkan.

tips:
1. perhatikan benar air kukusan, jgn sampe habis.
2. kalo ga ada air suji, bisa diganti dengan pasta pandan. caranya:
santan yang dipake jadi 1100 ml, trus dibagi 2. satu bagian dikasih pasta pandan 1 sdm
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CATATAN MAS TOLE' - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger